Juara 1 Nasional Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat 2024 

Taman Kanak-Kanak yang mempunyai icon rail coaster dan hamparan arena bermain yang luas kembali mengukir prestasi tingkat Nasional. Sabtu, 10 Agustus pukul 20.00 wib, nama TK Unggulan AL-YA’LU menggaung di Ballrom Sultan Hotel & Residence Jakarta sebagai Juara 1 Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024.

          Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat merupakan apresiasi Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan,    Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada satuan pendidikan yang telah melaksanakan implementasi gerakan sekolah sehat yang dikemas sebuah video berdurasi 90 detik. “ Bagaimana satuan pendidikan pandai mengemas video sehingga dalam waktu 90 detik bisa menyampaikan pesan keunggulan program-program gerakan sekolah sehat telah diimplementasikannya bukanlah hal yang mudah, namun dengan kerjasama yang sangat baik Tim Gerakan Sekolah Sehat TK Unggulan AL-YA’LU akhirnya mengungguli lebih dari 300 video yang ikut berkompetisi,” ungkap Endang Supadminingsih, SP.,MP., Kepala TK Unggulan AL-YA’LU.

Taman Kanak-Kanak Unggulan AL-YA’LU telah mengimplementasikan lima fokus sehat dalam penyelenggaraan pembelajaran, yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

Sehat Bergizi

TK Unggulan AL-YA’LU menjamin asupan gizi peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Lingkungan belajar TK Unggulan AL-YA’LU bebas jajanan dari luar sekolah. Sekolah menyediakan kudapan sehat dan air putih yang cukup sebagai upaya membangun budaya minum air putih bagi semua peserta didik, serta makan siang sehat untuk peserta didik yang mengikuti program fullday school.

Orang tua fokus mengikuti Parenting “Isi Piringku”

Upaya pemenuhan kebutuhan gizi anak-anak yang telah dilakukan sejak awal pendirian sekolah ini, sekarang ini telah mencapai fase penyediaan bahan makanan organik. Sebuah rekor konsintensi satuan pendidikan dalam melaksanakan program sehat bergizi. Pada fokus sehat bergizi, TK Unggulan AL-YA’LU juga berupaya membangun pola makan sehat kepada seluruh peserta didik. TK Unggulan AL-YA’LU menyelenggarakan program makan sehat bersama setiap hari Jum’at.

Serunya kegiatan makan sehat bersama

Dalam suasana gembira, selain anak-anak menikmati menu makan siang sehat, anak-anak juga mendapatkan edukasi pentingnya mengonsumsi makanan sehat yang beragam dengan porsi sesuai kebutuhan mereka. ”Agar pemaahaaamaan sertaa implementaasi polaa makan sehaaaat seiraamaa aantaraaprograaam sekolaaah dan di rumaah, TK Unggulan AL-YA’LU mengadakan parenting dengan topik “Isi Piringku”. Yayasan Manunggal Bangsa yang menaungi Sekolah Unggulan AL-YA’LU telah menyediakan kebun organik untuk mendukung program tersebut. TK Unggulan AL-YA’LU juga menggandeng petani dan peternak organik sebagai mitra sekolah.

Kegiatan edukasi budidaya bahan pangan organik

Sehat Fisik
Sehat fisik artinya memiliki badan yang sehat dan bugar. Sejak awal TK Unggulan AL-YA’LU dilengkapi dengan area bermain luar ruangan yang luas, dan dilengkapi dengan alat permainan yang dapat menstimulasi tumbuh kembang fisik anak.

Aneka permainan membuat sehat fisik anak-anak

Program Happy Fun at The Morning dilaksanakan sebelum anak-anak memulai kegiatan belajar di kelas sebagai upaya menciptakan suasana hati gembira serta olahraga. Program tersebut merupakan stimulasi pertumbuhan anak serta penyiapan psikologis anak agarbisa mengikuti kegiatan belajar dengan optimal.

Sehat Imunisasi
Sehat imunisasi menjadi salah satu fokus sehat terkait usaha memastikan terpenuhinnya imunisasi bagi peserta didik sebagai upaya membangun daya tubuh yang prima sehingga peserta didik dapat melalui hari-hari aktivitasnya tanpa gangguan kesehatan fisiknya.

Imunisasi di sekolah

Sehat Jiwa
Sehat jiwa merupakan program sekolah untuk meningkatkan perkembangan peserta didik, baik secara mental, spiritual, dan sosial sehingga mampu menyadari kemampuan sendiri dan dapat mengatasi tekanan.

Ragam kegiatan siswa TK Unggulan AL-YA’LU menjadikan anak sehat jiwanya

Program yang dilakukan untuk mewujudkan sehat jiwa di TK Unggulan AL-YA’LU adalah penanaman karakter baik, pembiasaan salam, salim senyum dilaksanakan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa religius dan sosial anak, praktik sholat berjamaah dan berinfaq pada hari Jum’at, edukasi anti perundungan.

Sehat Lingkungan

TK Unggulan AL-YA’LU dibangun dengan desain lingkungan sekolah yang sehat dan indah. Arena bermain outdoor yang sangat luas dengan barisan tanaman bambu sebagai tanaman konservasi, aneka tanaman buah sebagai sumber belajar tanaman buah organik serta penghasil oksigen yang menghasilkan hawa segar di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu barisan tanaman hias menjadi penyempurna indahnya lingkungan belajar di TK Unggulan AL-YA’LU.

Lingkungan sekolah yang bersih, segar, dan nyaman

     Ruang kelas yang luas dengan ventilasi yang bagus menjadi modal anak nyaman belajar. Ruang kelas juga dekat dengan deretan toilet dengan jumlah yang sangat banyak dengan pemisahan toilet untuk anak putra dan putri.

Pembiasaan cuci tangan mendidik anak bersih dan sehat

Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dilakukan dengan pembiasaan hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan penerapan kawasan tanpa rokok, pembiasaan buang sampah di tempat sampah, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pemeliharaan toilet yang selalu bersih.
Walaupun telah meraih prestasi tertinggi dalam mengimplementsikan gerakan sekolah sehat, Segenap Pengelola TK Unggulan AL-YA’LU berkomitmen untuk terus menjaga konsistensi membangun budaya hidup sehat seluruh warga di lingkungan TK Unggulan AL-YA’LU.

@tkunggulanalyaklu

Implementasi Gerakan Sekolah Sehat di TK Unggulan AL-YA’LU Kota Malang, Jawa Timur TK Unggulan AL-YA’LU berkomitmen memberikan layanan dan stimulasi tumbuh kembang anak secara maksimal dengan 5 sehat. Melalui implementasi Sekolah Sehat di TK Unggulan AL-YA’LU akan menghasilkan generasi yang sehat, cerdas, dan berkarakter. SEHAT BERGIZI Sekolah sehat dibangun dengan nutrisi yang sehat. Sekolah memberi layanan penyediaan seluruh asupan untuk memenuhi kebutuhan anak setiap hari selama waktu pembelajaran. Program sehat bergizi meliputi: Parispingku : Parenting Isi Piringku Katam : Program Pemberian Makanan Tambahan untuk anak yang BB dan TB di bawah normal Jumahat : Jum’at Makan Sehat Bunari : Budaya Minum Air Putih SEHAT FISIK Sekolah dengan area yang lua… [23.43, 30/6/2024] Firoh💐: Implementasi Gerakan Sekolah Sehat di TK Unggulan AL-YA’LU TK Unggulan AL-YA’LU berkomitmen memberikan layanan dan stimulasi tumbuh kembang anak secara maksimal dengan 5 sehat. Melalui implementasi Sekolah Sehat di TK Unggulan AL-YA’LU akan menghasilkan generasi yang sehat, cerdas, dan berkarakter. SEHAT BERGIZI Sekolah sehat dibangun dengan nutrisi yang sehat. Sekolah memberi layanan penyediaan seluruh asupan untuk memenuhi kebutuhan anak setiap hari selama waktu pembelajaran. Program sehat bergizi meliputi: Parispingku : Parenting Isi Piringku Katam : Program Pemberian Makanan Tambahan untuk anak -anak yang BB dan TB di bawah normal Jumahat : Jum’at Makan Sehat Bunari : Budaya Minum Air Putih SEHAT FISIK Program Sehat Fisik diantaranya: Gamelan : peregangan, minimal 1 (satu) kali selama pembelajaran Laga Mantra : olahraga dan permainan tradisionalnya Ramjaki : Rame-rame jalan kaki SEHAT IMUNISASI Bekerjasama dengan puskesmas, sekolah mengontrol pemberian imunisasi pada anak, juga penyuluhan kesehatan serta pemberian vitamin A. Programnya Sehat imunisasi adalah: Petis Ikan Laku Nilap yaitu pemetaan status imunisasi dan pelaksanaan imunisasi lengkap dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). SEHAT JIWA Penanaman karakter baik dengan program Duta akhlakul karimah, praktik sholat berjamaah dan berinfaq pada hari jum’at, senandung sholawat pada peringatan hari-hari besar islam, dilaksanakan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa religius. SEHAT LINGKUNGAN Sehat lingkungan diwujudkan dengan ventilasi yang memadai, penerapan kawasan tanpa rokok, pembiasaan buang sampah, cuci tangan, serta penyediaan toilet yang bersih. Kami berharap video ini menjadi pemantik bagi PAUD Indonesia untuk bersama sama mewujudkan Sekolah Sehat menuju Generasi Hebat. Ayo ikut berpartisipasi 😍🤗: @Kbtk_bungapertiwimalang @tk_annuur_rumahcahaya @kb_tk_perharsiatujuhmalang #UKS #KampanyeSekolahSehat #SekolahSehatGenerasiHebat #GalaKreasiVideoGSS2024 @PAUDPEDIA @Direktorat PAUD

♬ suara asli – TK Unggulan AL-YA’LU – TK Unggulan AL-YA’LU

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives